Ketentuan & Privasi

  • Dengan mendaftar dan/atau menggunakan aplikasi online Skymada (Aplikasi) dan/atau Website www.skymada.id, maka anda dianggap telah membaca dan menyetujui semua isi dalam Syarat & ketentuan. Pengguna tunduk sepenuhnya pada Syarat & ketentuan yang dibuat oleh Skymada.

    Definisi

    1. www.Skymada.id adalah website penyedia layanan platform logistic yang dimiliki skymada.
    2. Penyedia Jasa Logistik (Vendor) adalah orang perseorangan atau badan hukum yang mendaftar atau menggunakan Skymada agar dapat menawarkan jasa kepada publik.
    3. Layanan Skymada adalah kombinasi kode yang diberikan untuk mendapatkan akses terhadap jasa yang ditawarkan oleh Skymada. Kode ini terdiri dari nama akun pada Website Skymada Website Skymada dan/atau Aplikasi dan kode sandi yang terasosiasi dengan alamat surel dan nomor telepon.
    4. Jasa-Jasa adalah jasa pengangkutan yang diberikan oleh Penyedia Jasa Logistik (Vendor).
    5. Pengirim Barang (Pengirim) adalah orang perseorangan dan/atau Badan Hukum dan/atau Badan Usaha yang telah mengunjungi dan menggunakan layanan Skymada.
    6. Ketentuan adalah Ketentuan Penggunaan Skymada ini.
    7. Website Skymada adalah www.skymada.id
    8. Aplikasi adalah aplikasi di telepon mobil yang digunakan untuk mengakses dan menggunakan Layanan Skymada.

    Penggunaan & Jasa dan Hubungan antara Skymada dengan Pengguna

    1. Ketentuan ini merujuk pada segala persyaratan dan ketentuan bagi Pengguna untuk menggunakan Layanan Skymada. Skymada dapat memberitahukan Pengguna dalam hal terdapat ketentuan tambahan.
    2. Sebelum Pengguna dapat menggunakan Layanan Skymada, Pengguna harus menyetujui Ketentuan Penggunaan ini.
    3. Skymada menyimpan informasi Pengguna melalui Layanan Skymada.
    4. Pengguna hanya mendapatkan Layanan Skymada setelah melakukan permohonan atau mendaftar menjadi anggota Skymada melalui Website Skymada ataupun Aplikasi.
    5. Pengguna yang telah mendaftar akan bertindak sebagai:
      • Pengirim
      • Vendor
    6. Tata cara aktivasi dikirimkan melalui surat elektronik atau teks elektronik (sms) ke alamat surel dan nomor ponsel yang didaftarkan oleh Pengguna.
    7. Setelah mendapatkan akses terhadap Layanan Skymada, Pengirim dapat mengakses Jasa-Jasa yang ditawarkan oleh Vendor. Pengirim mengakui bahwa setiap hubungan perdata dan hubungan hukum yang timbul dengan Vendor adalah hubungan perdata dan hubungan hukum antara Pengirim dan Vendor tersebut saja, dimana Skymada bukanlah pihak didalamnya dan dengan demikian Pengguna setuju bahwa Skymada tidak memiliki manfaat hukum maupun bentuk tanggung jawab hukum dalam bentuk apapun sehubungan dengan hubungan perdata dan hubungan hukum antara Pengirim dan Vendor tersebut.
    8. Setiap informasi yang terkandung di dalam Website Skymada dan/atau Aplikasi adalah informasi menjadi milik Skymada sepenuhnya.
    9. Pengguna menjamin bahwa nomor telepon dan alamat surat elektronik yang disampaikan kepada Skymada adalah benar berada di dalam penguasaan Pengguna.
    10. Pengguna berhak untuk mengubah nomor telepon dan alamat surat elektronik, sepanjang sesuai dengan Pasal 2 ayat 9 di atas.
    11. Jika Pengguna kehilangan kata sandi, Pengguna dapat melakukan permohonan untuk mengulang penerimaan kata sandi (reset), sesuai dengan prosedur yang diatur oleh Skymada.
    12. Apabila terdapat dugaan penyalahgunaan Website Skymada dan/atau Aplikasi, Skymada dapat membekukan Pengguna dan melarang penggunaan Website Skymada dan/atau Aplikasi.

    Ketentuan Kerahasiaan Data Pribadi

    1. Setiap data pribadi yang diberikan oleh Pengguna digunakan oleh Skymada untuk kepentingan verifikasi identitas pada saat penggunaan Layanan Skymada, Website Skymada dan/atau Aplikasi, atau untuk memantau penyalahgunaan Website Skymada.
    2. Setiap data pribadi yang dipelihara oleh Skymada dilindungi dan tunduk kepada UU Administrasi Kependudukan (untuk orang perseorangan) atau UU di bidang perusahaan, termasuk namun tidak terbatas kepada UU Perseroan Terbatas, UU Wajib Daftar Perusahaan, dan Kitab UU Hukum Dagang (untuk perusahaan).
    3. Pengguna bertanggung jawab untuk menentukan kelengkapan dan keakuratan data yang diberikan oleh Pengguna.
    4. Setiap data dan informasi tidak akan diberikan kepada pihak ketiga, kecuali apabila merupakan hal yang diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan, atau untuk mendukung kegiatan usaha Skymada, atau atas persetujuan dari Pengguna sendiri.

    Keamanan

    1. Skymada telah melakukan segala langkah keamanan yang dilakukan untuk memastikan keamanan data, baik secara teknis, organisasi, maupun operasional.
    2. Skymada dapat memutus akses ke Layanan Skymada untuk sementara jika ada dugaan kebocoran atau pelanggaran keamanan.
    3. Jika dimungkinkan, dalam hal terjadi kebocoran atau pelanggaran, Skymada akan memberitahu Pengguna melalui Website Skymada mengenai langkah-langkah yang akan atau telah dilakukan.
    4. Apabila Pengguna merasa ada kebocoran atau pelanggaran, Pengguna wajib melaporkan kepada Skymada, dan Skymada akan segera mem-blokir sementara akses ke Website Skymada dan/atau Aplikasi yang bersangkutan dengan segera.

    Perbaikan

    1. Tanpa pemberitahuan sebelumnya, Skymada dapat memutus akses ke Website Skymada dan/atau Aplikasi secara sementara untuk memperbaiki dan mengelola Website Skymada dan/atau Aplikasi.
    2. Skymada berjanji bahwa setiap tindakan perbaikan dilakukan di waktu-waktu tertentu ketika Website Skymada dan/atau Aplikasi jarang digunakan.

    Berakhirnya penggunaan Website Skymada dan/atau Aplikasi

    1. Skymada berhak mengakhiri atau mem-blokir akses ke Webiste Skymada dan/atau Aplikasi kapanpun, atau sesuai kesepakatan.
    2. Skymada wajib memberikan alasan pengakhiran atau pemblokiran tersebut.
    3. Pengguna menerima risiko bahwa informasi dan data yang tersimpan di Website Skymada dan/atau Aplikasi tidak akan dapat diakses lagi oleh Pengguna, dalam hal akses Pengguna terhadap Skymada Website dan/atau Aplikasi sudah diakhiri atau diblokir.

    Pertanggungjawaban

    Skymada tidak bertanggung jawab atas segala bentuk perikatan yang timbul antara Pengguna dengan pihak ketiga lainnya, baik yang direferensikan oleh Skymada maupun tidak, baik untuk pelaksanaan pekerjaan yang melibatkan Skymada secara langsung maupun tidak langsung. Kewajiban Skymada kepada Pengguna terbatas pada penyediaan Layanan Skymada kepada Pengguna saja.

    Keluhan dan Pertanyaan

    1. Keluhan dan pertanyaan Pengguna akan dilayani melalui layanan “Customer Service” yang tersedia pada Website Skymada.
    2. Tidak ada jaminan atas pertanyaan dan keluhan yang diberikan akan dilayani oleh Skymada.

    Kekayaan Intelektual

    1. Skymada memegang semua hak kekayaan intelektual yang terkait dengan Skymada dan/atau Aplikasi, termasuk hak cipta, hak merek, paten, dan kekayaan intelektual lain yang terkandung di dalamnya.
    2. Setiap orang dilarang untuk menggunakan Kekayaan Intelektual terkait dengan Website Skymada dan/atau Aplikasi, kecuali atas persetujuan Skymada.

    Perubahan Ketentuan

    1. Skymada berhak untuk mengubah Ketentuan ini kapanpun. Setiap Pengguna berhak untuk mengetahui setiap perubahan dan menyetujui perubahan tersebut.
    2. Skymada memastikan bahwa Ketentuan ini dapat diakses kapanpun oleh Pengguna sepanjang membuka Website Skymada.

    Pembatalan Transaksi

    1. Jika terjadi pembatalan layanan akan menjadi tanggung jawab Pengguna Skymada.
    2. Skymada tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan informasi atau kerugian dalam pembatalan transaksi.

    Pembatasan Hak & Kewajiban

    1. Jika terjadi kejadian tak terduga, termasuk data breach atau security breach, selama proses yang mengakibatkan kerugian yang akan diderita oleh pengguna, maka pengguna tidak bisa meminta pertanggungjawaban Skymada.
    2. Pihak Skymada tidak bertanggung jawab dalam bentuk apapun terkait dengan kerusakan/kehilangan/kerugian yang terjadi dalam bentuk apapun selama proses berlangsung.
    3. Skymada berkedudukan hanya sebagai penyedia portal dan bukan menjadi penanggungjawab teknis, dan juga bukan sebagai penyelenggara kegiatan logistik.

    Pembayaran Transaksi

    1. Pembayaran transaksi pengiriman dilakukan antara Pengirim dan Vendor secara langsung tanpa perlu persetujuan dari Skymada.
    2. Bukti pembayaran atau informasi tambahan dari pengguna dapat diberikan kepada Skymada melalui layanan "Unggah Bukti" yang tersedia pada Website Skymada dan/atau Aplikasi.
    3. Pengembalian pembayaran akan menjadi tanggung-jawab Pengirim dan Vendor sepenuhnya

    Pengambilan Barang

    1. Pengambilan barang akan ditentukan oleh Pengguna Skymada sesuai dengan kesepakatan masing-masing
    2. Segala resiko pengambilan barang menjadi tanggung jawab penuh Pengguna Skymada

    Skymada hanya menyediakan daftar penyedia jasa pengiriman yang dapat digunakan oleh Pengguna Skymada

    Penyalahgunaan Penggunaan Website Skymada dan/atau Aplikasi

    1. Penggunaan Website Skymada dan/atau Aplikasi hanya untuk tujuan yang dimaksud oleh Skymada.
    2. Pengguna dilarang untuk mengggunakan Website Skymada dan/atau Aplikasi untuk tujuan yang menyebabkan terganggunya kenyamanan pihak lain.
    3. Setiap orang yang masuk Website Skymada dan/atau Aplikasi dilarang untuk mengubah, mengganti, memodifikasi atau melakukan kegiatan yang dapat membahayakan Website Skymada dan/atau Aplikasi dengan cara apapun, baik yang berdampak permanen maupun sementara.

    Dalam hal terdapat indikasi bentuk penyalahgunaan Website Skymada dan/atau Aplikasi oleh siapapun, pihak Skymada berhak untuk memprosesnya secara hukum.

    Barang Yang Dilarang

    Pengguna mengakui dan setuju bahwa dalam menggunakan Layanan Skymada, Website Skymada dan/atau Aplikasi, Pengguna tidak akan melakukan pengiriman barang yang diidentifkasi sebagai barang berbahaya dan/atau barang yang dilarang, yang antara lain adalah:

    1. Uang (koin, uang tunai dalam rupiah dan/atau mata uang asing lainnya), surat berharga (cheque, giro, obligasi, saham, sertifikat).
    2. Narkotika, ganja, morphin dan obat-obat atau zat-zat yang dianggap sebagai benda terlarang lainnya.
    3. Barang cetakan, rekaman atau barang-barang lainnya yang bertentangan dengan nilai kesusilaan dan dapat mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban umum.
    4. Barang yang waktu hidupnya kurang dari transit time pengiriman yang diperkirakan.
    5. Makhluk hidup (binatang dan tumbuhan)
    6. Barang dalam kategori berbahaya, beracun dan barang-barang kimia yang mudah meledak atau terbakar.
    7. Alkohol dan minuman beralkohol.
    8. Kiriman dalam bentuk cair lainnya kecuali dikemas dengan baik dan benar (dengan melampirkan MSDS (Material Safety Data Sheet) dan surat pernyataan barang berbahaya dari Pelanggan).
    9. Barang yang mudah meledak, senjata dan bagian-bagiannya.
    10. Peralatan judi dan tiket lotere.
    11. Barang-barang yang dikategorikan dalam pengawasan pemerintah.
    12. Barang-barang yang terbuat dari bahan gelas dan barang pecah belah (kecuali dikemas dengan baik dan memenuhi standar pengemasan serta bertanda ”Fragile”).

    Dalam hal Pengguna melanggar ketentuan ini, Pengguna mengakui dan setuju untuk bertanggung jawab penuh dalam hal timbulnya konsekuensi hukum, dan setuju untuk melepaskan Skymada dari segala bentuk pertanggungjawaban hukum. Pengguna juga setuju bahwa Skymada memiliki hak penuh untuk menindaklanjuti pelanggaran ini melalui jalur hukum.

    Hukum yang Mengatur dan Sengketa

    Terhadap Ketentuan penggunaan ini berlaku hukum negara Republik Indonesia.

    Segala bentuk sengketa yang timbul sehubungan dengan pelaksanaan atau interpretasi Ketentuan Penggunaan ini akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Pontianak selaku pengadilan yang memiliki jurisdiksi atas Ketentuan Penggunaan ini.